praktikumku ke 4 yaitu APLIKASI MULTIMEDIA
DASAR TEORI
Adobe Photoshop,
atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe
Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek.
Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan
iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat
lunak pengolah gambar/foto Dianggap sebagai produk terbaik yang pernah
diproduksi oleh Adobe Systems. Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama
Photoshop CS (Creative Suite), versi sembilan disebut Adobe Photoshop CS2,
versi sepuluh disebut Adobe Photoshop CS3 , versi kesebelas adalah Adobe
Photoshop CS4 dan versi yang terakhir (keduabelas) adalah Adobe Photoshop CS5.
Photoshop tersedia untuk Microsoft Windows, Mac OS X, dan Msac OS; versi 9 ke
atas juga dapat digunakan oleh sistem operasi lain seperti Linux dengan bantuan
perangkat lunak tertentu seperti CrossOver. Berikut ini adalah tampilan jendela
awal Adobe Photoshop.
Ada 3 Komponen Penting ketika kita
bekerja dengan Adobe Photoshop yakni
1. MenuBar
2. Toolbox
3. SideBar (Layer, Channel, Navigator
dll)
Untuk bekerja dengan photoshop hal yang
perlu kita ketahui adalah Toolbox, berikut ini adalah beberapa komponen dari
Toolbox
|
Marquee Tool
|
Untuk membuat seleksi berbentuk kotak
persegi empat
|
|||
|
Move Tool
|
Untuk memindahkan objek gambar
|
|||
|
Lasso Tool
|
Untuk membuat seleksi secara bebas
|
|||
|
Quick Selection Tool
|
Untuk membuat seleksi berdasarkan
warna yang sama
|
|||
|
Crop Tool
|
Untuk memotong gambar
|
|||
|
Slice Tool
|
Untuk membuat pembagian gambar
|
|||
|
Brush Tool
|
Untuk menggambar atau mewarnai dengan
bentuk kuas
|
|||
|
Clone Stamp Tool
|
Untuk melakukan duplikasi area
tertentu pada sebuah gambar
|
|||
|
History Brush Tool
|
Untuk menormalkan gambar yang telah
mengalamu perubahab/dirubah-rubah
|
|||
|
Erase Tool
|
Untuk menghapus gambar
|
|||
|
Gradient Tool
|
Untuk membari warna gradasi
|
|||
|
Blur Tool
|
Mensimulasi tambahan sebuah gambar
|
|||
|
Pen Tool
|
Untuk membuat gambar dalam bentuk
path
|
|||
|
Horizontal Type Tool
|
Untuk membuat objek text
|
|||
|
Path Selection Tool
|
Untuk memilih titik pada sebuah path
|
|||
|
Rectangle Tool
|
Untuk membentuk bebas
|
|||
|
Note Tool
|
Untuk membuat/menyertakan catatan
|
|||
|
Eye Drop
|
Untuk memilih warna dari sebuah objek
|
|||
|
Hand Tool
|
Untuk Menggeser tampilan pada layar
|
|||
|
Zoom Tool
|
Untuk memperbesar tampilan gambar
|
4.3
PRAKTIKUM
A.
MENGGANTI BACKGROUND IMAGE
1. Buka Adobe Photoshop
2. Pilih menu File -> open dan pilih
sebuah gambar misalkan gambar Cristiano Ronaldo,
selain itu kita juga bisa langsung drag
foto dari explorer ke dalam Adobe Photoshop.
3.
Setelah itu akan terlihat seperti berikut ini
4. Kemudian pada toolbox pilihlah Lasso
Tool, Pilihlah Lasso dengan Magnetic Tool agar
prose seleksi pemotongan gambar dapat
lebih mudah
5. Lakukan seleksi pada orang dalam
gambar tersebut sehingga menjadi seperti ini
6. Setelah orang dalam gambar sudah terseleksi
selanjutkan klik kanan pada seleksi gambar
tersebut dan
pilih Layer via Cut (hal ini dilakukan untuk memisahkan gambar dari background)
sehingga kalau kita lihat pada layer sebelah kanan akan ada 2 layer hasil
pemisahan.
7. Kemudian
masukkan sebuah gambar background yang akan digunakan sebagai background baru
dari foto Cristiano Ronaldo di atas dengan cara drag langsung dari explorer.
Misalkan saja saya memasukkan gambar pemandangan gunung.
8. Setelah gambar background gunung di drag ke dalam lembar kerja photoshop, maka
tarik gambar
ronaldo pada jendela sebelah kiri menuju gambar pemandangan sehingga
hasilnya menjadi
seperti diatas.
9. Oke selamat
anda telah berhasil mengganti background asli dari sebuah foto.
Selanjutnya
untuk menyimpan file gambar hasil manipulasi Pilih File -> Save As
10. Ketikkan
Nama File Gambar dan Pilih juga tipenya (Pilih PSD jika anda ingin
menyimpannya
dalam bentuk file Photoshop dan pilih selain PSD jika ingin
menyimpannya
dalam format gambar). Jika anda menyimpan dalam bentuk PSD maka
foto tersebut masih bisa anda edit ulang.
B. CROP IMAGE
1. Buka Adobe Photoshop
2. Pilih menu File -> open dan pilih
sebuah gambar misalkan gambar Cristiano Ronaldo,
selain itu kita juga bisa langsung drag
foto dari explorer ke dalam Adobe Photoshop.
3. Setelah itu akan terlihat seperti
berikut ini
4. Kemudian pada Toolbox menu pilih Crop, lakukan penyeleksian pada bagian foto yang ingin di crop sehingga menjadi seperti berikut ini
5. Kemudian tekan ENTER jika sudah selesai menyeleksi, maka hasilnya gambar akan
terpotong menjadi berikut ini
6. Simpan Gambar hasil Crop tersebut.
(Selamat anda telah berhasil melakukan cropping
pada sebuah foto)
C.
STEMPEL SEBUAH FOTO
1. Buka Adobe Photoshop
2. Pilih menu File -> open dan pilih sebuah
gambar misalkan gambar Cristiano Ronaldo,
selain itu kita juga bisa langsung drag
foto dari explorer ke dalam Adobe Photoshop.
3. Setelah itu akan terlihat seperti
berikut ini
4. Misalkan kita ingin membuat foto
Cristiano Ronaldo memilki 3 mata, maka pilih menu stempel yang ada Toolbox.
5. Kemudian pilih bantalan stempel yang
kita ingin cloning misalkan yang akan dipilih adalah mata sebelah kiri (ketika
memilih bantalan stempel jangan lupa sambil menekan tombol ALT).
6. Kemudian setelah bantalan stempel
dipilih lakukan stempel pada bagian yang ingin di stempel (tanpa menekan tombol
ALT) sehingga hasilnya menjadi seperti berikut ini
D.
MENCERAHKAN SEBUAH FOTO
1. Buka Adobe Photoshop
2. Pilih menu File -> open dan pilih
sebuah gambar misalkan gambar Tim Manchester City,
selain itu kita juga bisa langsung drag
foto dari explorer ke dalam Adobe Photoshop.
3. Setelah itu akan terlihat seperti berikut ini
4. Kemudian pada menu bar pilih Menu
Image -> Adjusment -> Curves,
5. Atur Histogram curves sesuai
keinginan anda agar gambar menjadi lebih cerah,
misalkan saya atur seperti berikut ini
6. Kemudian Klik OK jika sudah selesai,
maka hasilnya gambar akan menjadi seperti
berikut ini.
E.
EFEK FILTER PADA PHOTOSHOP
1. Buka Adobe Photoshop
2. Pilih menu File -> open dan pilih
sebuah gambar misalkan gambar Cristiano Ronaldo,
selain itu kita juga bisa langsung drag
foto dari explorer ke dalam Adobe Photoshop.
3. Setelah itu akan terlihat seperti
berikut ini
4. Untuk member efek Filter pada gambar
bisa dilakukan dengan memilih Menu Filter
pada menu bar, misalkan disini kita pilih Filter -> Sketch -> Graphics Pen, kemudian atur
setting dari sketch berikut ini
5. Setelah itu klik OK, maka hasilnya akan menjadi seperti berikut ini
4.4
TUGAS PENDAHULUAN
1. Lakukanlah instalasi Adobe Photoshop
CS3, silahkan di print screen langkah –
langkahnya, dan jelaskan!
Jawaban
:
1. Anda harus mempunyai softwre adobe
photoshop CS3
2.
Klik software adobe photoshop CS 3 ,dan akan muncul tampilan seperti di bawah
ini
3.
Klik next,sehingga akan muncul tampilan setup adobe photoshop CS3 seperti di
bawah
4. Klik tampilan setup kotak dialog
next,dan akan muncul tampilan select destination location seperti tampilan di
bawah
5.
Pada tampilan select destination location klik kotak dialog next dan muncul
tampilan select additional tasks seperti tampilan di bawah
6.
Pada tampilan select additional tasks klik next dan muncul tampilan ready to
install seperti tampilan di bawah
7.
Pada tampilan ready to install klik kotak dialog install dan akan muncul
installing seperti tampilan di bawah
8.
Setelah installing berhasil akan muncul information seperti tampilan di
bawah,lalu klik next
9. Pada setup adobe photoshop CS3 compling
the adobe photoshop CS3 setup wizart klik finish
10.
Lalu adobe photoshop CS3 akan muncul tampilan seperti di bawah
11.
Adobe photosop CS3 siap di gunakan seperti tampilan dibawah
2. Sebutkan dan jelaskan pengolah gambar
Vektor dan Raster (Masing – masing 3)!
Jawaban:
Vector : Citra tersusun atas garis dan
bentuk geometris (kurva). Bersifat resolution independent yang mempunyai
arti gambar tetap baik tanpa tergantung resolusinya. Jadi meskipun diperbesar
tetap tidak berkurang kualitasnya. Software untuk menghasilkan citra grafis
berbasis vector dikenal dengan istilah Draw Software. File gambar
bertipe vector yang terkenal EPS (Encapsulated Post Script) dan CGM (Computer
Graphic metafile).
a. Macromedia
FreeHand adalah aplikasi komputer untuk membuat grafik vektor 2 dimensi
(penggunaan lambang geometris seperti titik, garis, lengkungan dan poligon
untuk merepresentasikan gambar, dikenal dengan pemodelan geometris)
diorientasikan untuk pasar pemasaran desktop professional.
b.CorelDraw adalah editor grafik
vektor yang dikembangkan oleh Corel, sebuah perusahaan perangkat lunak yang
bermarkas di Ottawa, Kanada.
c. Adobe Illustrator merupakan
program grafis berbasis vektor yang paling tangguh dan populer. Hal ini karena
fasilitas-fasilitas di dalamnya dapat digunakan untuk membentuk objek secara
tiga dimensi sehingga hasil yang diperoleh menyerupai objek yang sebenarnya.
Raster (BERBASIS BITMAP) : Citra
tersusun atas pola titik (dot) yang disebut picture element (pixel).Bersifat resolution
dependent yang mempunyai arti gambar tergantung resolusinya. Jika gambar
diperbesar akan kelihatan pecah-pecah. Software untuk menghasilkan citra grafis
berbasis bitmap dikenal dengan istilah Paint Software. File gambar
bertipe bitmap yang terkenal JPG, JPEG, BMP, GIF, TIF, TiFF, PCX, dan PNG.
a. windows paint : Windows
menyediakan fasilitas pengolahan gambar yang tersedia pada group Accessories.
Fasilitas ini menyediakan sarana menggambar cukup lengkap, seperti membuat
garis lurus, melengkung, lingkaran, memberi warna, dan pengeditan teks, serta
proses pencetakannya. PAINT Atau lebih dikenal dengan nama sebelumnya pada
Winerdahulu sebagai Paintbrush adalah program graphic painting sederhana yang
terintegrasi dengan hamper seluruh versi Microsoft Windows, sejak perilisan
pertamanya. Sering dirujuk sebagai MS Paint atau Microsoft Paint. Program ini
dapat membuka dan menyimpan gambar dalam berbagai format, yaitu BMP, JPEG, GIF,
PNG, dan TIFF
b.
Corel PhotoPaint (Corel PHOTO-PAINT) adalah perangkat
lunak buatan Corel yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan
efek seperti Adobe Photoshop. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh
fotografer digital dan perusahaan iklan.
c. Adobe
Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak
editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar
dan pembuatan efek.
4.5
TUGAS PRAKTIKUM
1. Lakukanlah perbaikan kualitas image
(terserah) dengan mengkombinasikan cara
manipulasi image pada modul ini!
Sebelum
Sesudah
2. Buatlah sebuah komik sederhana
menggunakan efek filter photoshop!
3. Lakukan pengeditan yang behubungan
dengan kecerahan gambar, dan kontras
warna!
Sebelum sesudah
4.6
TUGAS TAMBAHAN
1.
Jelaskan apa perbedaan antara gambar berbasis bitmap dengan gambar
berbasis vektor!
2.
Sebutkan aplikasi pengolah gambar bitmap dan vektor (Masing –
masing 3)!
3.
Jelaskan apa yang dimaksud dengan
a.
Filter Liquify b. Filter Blur
b.
Filter Blur
c.
Filter Gallery d. Application Bar
d. Application
Bar
e.
Rotate View Tool f. Mas Panel
f. Mas Panel
g.
Content Aware Scaling h. Vibrance
h. Vibrance
i.
Fill Tool j. Pen Tool
j. Pen Tool
Jawaban :
1.berbasis
bitmap : Citra tersusun atas pola titik (dot) yang disebut picture
element (pixel).Bersifat resolution dependent yang mempunyai arti gambar
tergantung resolusinya. Jika gambar diperbesar akan kelihatan
pecah-pecah.Software untuk menghasilkan citra grafis berbasis bitmap dikenal
dengan istilah Paint Software. File gambar bertipe bitmap yang terkenal
JPG, JPEG, BMP, GIF, TIF, TiFF, PCX, dan PNG.
berbasis vector : Citra
tersusun atas garis dan bentuk geometris (kurva). Bersifat resolution
independent yang mempunyai arti gambar tetap baik tanpa tergantung
resolusinya. Jadi meskipun diperbesar tetap tidak berkurang
kualitasnya.Software untuk menghasilkan citra grafis berbasis vector dikenal
dengan istilah Draw Software. File gambar bertipe vector yang terkenal
EPS (Encapsulated Post Script) dan CGM (Computer Graphic metafile).
2. Aplikasi grafis berbasis bitmap (Raster)terbagi menjadi 2 :
Ø
Software aplikasi bitmap 2
dimensi : Windows Paint, Paintbrush, Adobe Photoshop, Corel Photopaint
Ø
Software aplikasi bitmap 3
dimensi : Digital Clay dan Digital nendo
Aplikasi
grafis berbasis vektor terbagi menjadi 2 :
·
Software aplikasi vector 2 dimensi
:Adobe Illustrator, macromedia freehand dan Corel Draw
·
Software aplikasi vector 3 dimensi :
Maya 3D, Strata 3D CX, Ulead COOL 3D, Swift 3D, AutoCad, 3D Home Architect
3. 1. Alat
untuk melakukan tugas yang mustahil di dunia nyata, seperti memancungkan hidung
2. Alat yang digunakan untuk mengaburkan sebagian
atau seluruh gambar.
3. Alat dapat digunakan untuk memilih dan berpindah
antar filter dengan mudah.
4. Di
dalam Application Bar ada tool-tool untuk mengatur mode tampilan layar dan
jendela dokumen dalam Photoshop. Juga terdapat tool untuk zoom dan pan.
5. Tool
ini dapat digunakan untuk memutar kanvas(bukan memutar gambarnya), sehingga
proses seleksi dan lain sebagainya menjadi lebih mudah.
6.
Merupakan panel khusus untuk membuat dan mengoreksi layer mask.
7. Alat
ini didesain untuk digunakan pada gambar yang ingin diubah ukuran dan aspect
ratio-nya.
8. Alat ini berfungsi untuk mengontrol
vibrance(saturasi / kecerahan warna-warna yang mendekati warna netral).
9. Alat ini digunakan untuk mewarnai suatu layer.
10. Alat ini digunakan untuk menggambar beragam
objek, baik yang bersudut tumpul maupun yang bersudut tajam.
Kesimpulan :
Aplikasi yang bisa kita manfaatkan untuk
memperbaiki suatu kualitas dari file yang kita miliki, seperti halnya dalam
contoh diatas kita dapat merubah suatu kualitas image dengan menggunakan
beberapa cara yang sudah disediakan dalam suatu softwere yang kita gunakan
tersebut yaitu Adobe Photoshop. Dan samping itu juga masih banyak lagi softwere
yang bisa digunaka sebagai aplikasi multimedia seperti halnya produk
keseluruhan adobe yang sudah populer untuk berbagai proses editing berbagai
file mulai dari: suara,gambar,video,desain dll.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar